PENGAMBIL PUTUSAN DALAM PENERAPAN BALANCE SCORECARD DALAM MENGUKUR KINERJA PELAYANAN DI EBUN BINATANG SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.37832/manivest.v1i1.9Keywords:
balanced scorecard,perspektif keuangan,perspektif pelanggan,perspektif proses bisnis internal,perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.Abstract
Fenomena yang terjadi di Kebun Binatang Surabaya adalah banyak satwa yang tidak memperoleh kesejahteraan , pendapatan yang menurun, jumlah pengunjung yang menurun karena buruknya pelayanan serta kurangnya kinerja karyawan, karena tidak adanya pelatihan kepada karyawan, serta tidak ada sistem pengembangan pada karyawan
References
Cooper, Donald dan C William Emory, 1995 Business Researrch Method, Fifth Edition, Chicago, Cambridge University Press.
Crowner,Robert,P, 1991,Developing A Strategic Business Plan WithCases : An Enterpeneur’s Advantage, Richard,D.I
Darmawati, Dwita 2002 Pendekatan Konsep Balanced Scorecard dalam proses Perencanaan Strategik dan Penyusunan Organisasi, Tesis, Program Pascasarjana Airlangga Surabaya.
Hill, Charles WL dan Jones, Gareth R,1998, Strategy Mangement Fourth Edition, Hougton Mifflin Company.
Kaplan, R.s dan Norton,David,P,1993, Putting The Balanced Scorecard to Work, Harvard Business Rewiew, September – Oktober.
Mulyadi, 1999 Strategic Management System Dengan Pendekatan Balance Scorecard, Usahawan Nomor 02 Tahun XXVII, Februari.
Soetjipto, Budi W, 1997,mengukur Kinerja Bisnis dengan Balance Scorecard
Tunggal, Amin Wijaya, 2000, Pengukuran Kinerja dengan Balance Scorecard, Harvarindo, Jakarta
Usahawan, No 06Tahun XXVI Juni.
Wijaya, Setiaji,NH,2000,Visi dalam Manajemen Strategik : Penting atau Sekedar Teori, Jurnal Kajian Bisnis, Nomor 18 Januari – Mei.
Yiin, Robert K,2000, Studi Kasus ( Desain dan Metode ) Cetakan Ketiga, PT Rajagrafindo Persada Jakarta.