Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jaringan Indihome Atas Gangguan Jaringan Di Tinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen
Keywords:
Consumer, Legal Protection, IndiHome, PT Telkom Indonesia, ResponsibilityAbstract
According to the Association of Indonesian Internet Service Providers, internet network users in Indonesia have increased. This increase in internet network users occurred in various places such as Atambua City, East Nusa Tenggara. Based on data from PT Telkom Indonesia, the Atambua branch, there was an increase in 1000 IndiHome internet users from 2019-2020. However, the increasing number of internet network users in Indonesia, the more cases that harm consumers, so a legal protection is needed. The formulation of the problem in this study is how to practice legal protection against IndiHome internet network users for internet network disturbances at PT Telkom Indonesia Atambua Branch and how the responsibility of PT Telkom Indonesia Atambua branch in dealing with internet network disturbances experienced by IndiHome network users. The research method used by the author in this research is a type of empirical juridical research. The results of this study indicate that PT Telkom Indonesia Atambua Branch has provided legal protection to IndiHome service users through a subscription contract signed by both parties and a form of legal protection that is provided preventively and repressively. The form of responsibility given by PT Telkom Indonesia Atambua Branch adheres to the principle of absolute responsibility or strict liability. The advice that the author can give is to PT Telkom Indonesia Atambua Branch the legal protection provided must be maximized again because in the subscription contract there are several consumer or customer rights that are not listed.
References
Elsi, Advendi. Hukum Dalam Ekonomi. Jakarta. PT Grasindo, Tahun 2007
Kristiyanti Celina Tri Siwi. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta. Sinar Grafika, Tahun 2014
Hajdon, Philippus M., Perlindungan Hukum Bagi Rakyat Indonesia, PT Bina Ilmu, Surabaya, Tahun 1997
Halim Ridwan. Pengantar Hukum dan Pengetahuan Ilmu Hukum Indonesia. Jakarta: Angky Pelita Studyways, Tahun 2001
Prodjodikoro Wirjono. Hukum Perdata tentang Persetujuan-Persetujuan Tertentu. Sumur Bandung, Jakarta, Tahun 1981
Setiono. Rule of Law. (Surakarta: Disertasi S2 Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret) Tahun 2004
Shidarta. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta. Grasindo, Tahun 2000
Sidobalok Janus. Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. Bandung. Citra Aditya Bakti, Tahun 2014
Simanjuntak, Hukum Perdata Indonesia, Kencana, Jakarta, Tahun 2015
Soekanto Soerjono. Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta, Universitas Indonesia Press, Tahun 1986
Subekti, Hukum Perjanjian, Jakarta: Citra Aditya Bakti, Tahun 1993
Sunggono Bambang. Metode Penelitian Hukum. Jakarta. PT Raja Grafindo, Tahun 2003
Zainuddin Ali. Metode Penelitian Hukum. Jakarta. Sinar Grafika, Tahun 2011
Zulham. Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta. Kencana, Tahun 2016
Jumianti. Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Karena Adanya Gangguan Jaringan Internet, Studi di PT Telkom area Malang. Dinamika, Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, Volume 26. Nomor 1. Tahun 2020
Muthia Sakti, Perlindungan Konsumen Terhadap Gangguan Jaringan, jurnal yuridis Vol 2 No 1 tahun 2018
Nugrahaningsi Widi. Implementasi Undang-undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam Bisnis. Jurnal Serambi Hukum, Volumen 11 No 1 Tahun 2017
Oktavianis Inda Dwi, Upaya PT Telkom dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Internet Pelayanan Internet Speedy dalam Kepuasan Pelanggan Studi di PT Telkom Malang. Jurnal Administrasi Publik. Volume 1. Nomor 1
Owen David. The Five Elements of Negligence," Hofstra Law Review: Vol. 35, Year 2007.
Pratomo Adi, Analisa Pengaruh Partisipasi dan Kepuasan Pemakai Terhadap Kinerja Dalam Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web di P3M Poliban, Jurnal Positif, Volume 3 No. 2, tahun 2017
Purbasari Dewi Maharani, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang, Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen Vol 2, (1), 2018
Rulyanti Yolanda Ditya, “Hubungan Hukum Antara Pt. Telkom Dengan Pelanggan Dalam Berlangganan Produk IndiHome Fiber”. Citra Justicia, Volume II No.2, Desember 2016
Safitri Dhian Ulfa, Analisis Kualitas Jaringan Akses IndiHome untuk teknologi GPON dan MSAN di STO Darussalam, Jurnal Online Teknik Elektro, volume 1 No 3 tahun 2016
Siahaan Matdio. Dampak Pandemi covid-19 Didunia, Jurnal Kajian Ilmiah No 1 tahun 2020
Tuhumury Harry A, Perlindungan Hukum Konsumen IndiHome Atas Terputusnya Kabel Fiber Optik Milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Di Kota Jaya Pura, Legal Pluralism, Volume 8, Nomor 1, Januari 2018
Undang-undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen
Kitab Undang-undang Hukum Perdata
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (apjii.or.id) diakses pada 17 Februari 2021, pukul 18:00 WIB
BAKTI Masalah-masalah yang Biasa Terjadi Dalam Jaringan Komputer & Solusinya (baktikominfo.id) diakses pada tanggal 17 April 2021 pukul 13:00 WIB
DESAIN BUKU REVISI NOV.cdr (uns.ac.id) diakses pada tanggan 1 April 2021, pukul 23:00 WIB
FUP dan kuota internet tak terbatas (beritagar.id) diakses pada 17 Februari 2021, pukul 13:00 WIB
Pengertian ISP Adalah, Fungsi, Jenis, dan Contoh Layanan ISP (maxmanroe.com) diakses pada tanggal 4 Februari 2021, pukul 21:00 WITA
Perbedaan Badan Usaha Berbadan Hukum dan Tidak Berbadan Hukum Doktorhukum.comdiakses pada tanggal 1 April 2021, pukul 22:00 WIB
Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 GTKDIKMENDIKSUS 2020 (kemdikbud.go.id) diakses pada tanggal 4 Februari, pukul 17:15WITA
Telkom diakses pada tanggal 4 februari 2021, pada pukul 22:00
WITA www.belukab.bps.go.id diakses pada tanggal 20 Februari 2021