Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jaringan Indihome Atas Gangguan Jaringan Di Tinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Authors

  • Santi Carolin Tesa Tae Universitas Katolik Widya Karya Malang
  • Celina Tri Siwi Universitas Katolik Widya Karya Malang
  • Diah Imaningrum Katolik Widya Karya Malang

Keywords:

Consumer, Legal Protection, IndiHome, PT Telkom Indonesia, Responsibility

Abstract

According to the Association of Indonesian Internet Service Providers, internet network users in Indonesia have increased. This increase in internet network users occurred in various places such as Atambua City, East Nusa Tenggara. Based on data from PT Telkom Indonesia, the Atambua branch, there was an increase in 1000 IndiHome internet users from 2019-2020. However, the increasing number of internet network users in Indonesia, the more cases that harm consumers, so a legal protection is needed. The formulation of the problem in this study is how to practice legal protection against IndiHome internet network users for internet network disturbances at PT Telkom Indonesia Atambua Branch and how the responsibility of PT Telkom Indonesia Atambua branch in dealing with internet network disturbances experienced by IndiHome network users. The research method used by the author in this research is a type of empirical juridical research. The results of this study indicate that PT Telkom Indonesia Atambua Branch has provided legal protection to IndiHome service users through a subscription contract signed by both parties and a form of legal protection that is provided preventively and repressively. The form of responsibility given by PT Telkom Indonesia Atambua Branch adheres to the principle of absolute responsibility or strict liability. The advice that the author can give is to PT Telkom Indonesia Atambua Branch the legal protection provided must be maximized again because in the subscription contract there are several consumer or customer rights that are not listed.

References

Elsi, Advendi. Hukum Dalam Ekonomi. Jakarta. PT Grasindo, Tahun 2007

Kristiyanti Celina Tri Siwi. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta. Sinar Grafika, Tahun 2014

Hajdon, Philippus M., Perlindungan Hukum Bagi Rakyat Indonesia, PT Bina Ilmu, Surabaya, Tahun 1997

Halim Ridwan. Pengantar Hukum dan Pengetahuan Ilmu Hukum Indonesia. Jakarta: Angky Pelita Studyways, Tahun 2001

Prodjodikoro Wirjono. Hukum Perdata tentang Persetujuan-Persetujuan Tertentu. Sumur Bandung, Jakarta, Tahun 1981

Setiono. Rule of Law. (Surakarta: Disertasi S2 Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret) Tahun 2004

Shidarta. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta. Grasindo, Tahun 2000

Sidobalok Janus. Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. Bandung. Citra Aditya Bakti, Tahun 2014

Simanjuntak, Hukum Perdata Indonesia, Kencana, Jakarta, Tahun 2015

Soekanto Soerjono. Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta, Universitas Indonesia Press, Tahun 1986

Subekti, Hukum Perjanjian, Jakarta: Citra Aditya Bakti, Tahun 1993

Sunggono Bambang. Metode Penelitian Hukum. Jakarta. PT Raja Grafindo, Tahun 2003

Zainuddin Ali. Metode Penelitian Hukum. Jakarta. Sinar Grafika, Tahun 2011

Zulham. Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta. Kencana, Tahun 2016

Jumianti. Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Karena Adanya Gangguan Jaringan Internet, Studi di PT Telkom area Malang. Dinamika, Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, Volume 26. Nomor 1. Tahun 2020

Muthia Sakti, Perlindungan Konsumen Terhadap Gangguan Jaringan, jurnal yuridis Vol 2 No 1 tahun 2018

Nugrahaningsi Widi. Implementasi Undang-undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam Bisnis. Jurnal Serambi Hukum, Volumen 11 No 1 Tahun 2017

Oktavianis Inda Dwi, Upaya PT Telkom dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Internet Pelayanan Internet Speedy dalam Kepuasan Pelanggan Studi di PT Telkom Malang. Jurnal Administrasi Publik. Volume 1. Nomor 1

Owen David. The Five Elements of Negligence," Hofstra Law Review: Vol. 35, Year 2007.

Pratomo Adi, Analisa Pengaruh Partisipasi dan Kepuasan Pemakai Terhadap Kinerja Dalam Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web di P3M Poliban, Jurnal Positif, Volume 3 No. 2, tahun 2017

Purbasari Dewi Maharani, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang, Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen Vol 2, (1), 2018

Rulyanti Yolanda Ditya, “Hubungan Hukum Antara Pt. Telkom Dengan Pelanggan Dalam Berlangganan Produk IndiHome Fiber”. Citra Justicia, Volume II No.2, Desember 2016

Safitri Dhian Ulfa, Analisis Kualitas Jaringan Akses IndiHome untuk teknologi GPON dan MSAN di STO Darussalam, Jurnal Online Teknik Elektro, volume 1 No 3 tahun 2016

Siahaan Matdio. Dampak Pandemi covid-19 Didunia, Jurnal Kajian Ilmiah No 1 tahun 2020

Tuhumury Harry A, Perlindungan Hukum Konsumen IndiHome Atas Terputusnya Kabel Fiber Optik Milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Di Kota Jaya Pura, Legal Pluralism, Volume 8, Nomor 1, Januari 2018

Undang-undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Kitab Undang-undang Hukum Perdata

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (apjii.or.id) diakses pada 17 Februari 2021, pukul 18:00 WIB

BAKTI Masalah-masalah yang Biasa Terjadi Dalam Jaringan Komputer & Solusinya (baktikominfo.id) diakses pada tanggal 17 April 2021 pukul 13:00 WIB

DESAIN BUKU REVISI NOV.cdr (uns.ac.id) diakses pada tanggan 1 April 2021, pukul 23:00 WIB

FUP dan kuota internet tak terbatas (beritagar.id) diakses pada 17 Februari 2021, pukul 13:00 WIB

Pengertian ISP Adalah, Fungsi, Jenis, dan Contoh Layanan ISP (maxmanroe.com) diakses pada tanggal 4 Februari 2021, pukul 21:00 WITA

Perbedaan Badan Usaha Berbadan Hukum dan Tidak Berbadan Hukum Doktorhukum.comdiakses pada tanggal 1 April 2021, pukul 22:00 WIB

Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 GTKDIKMENDIKSUS 2020 (kemdikbud.go.id) diakses pada tanggal 4 Februari, pukul 17:15WITA

Telkom diakses pada tanggal 4 februari 2021, pada pukul 22:00

WITA www.belukab.bps.go.id diakses pada tanggal 20 Februari 2021

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Santi Carolin Tesa Tae, Celina Tri Siwi, & Diah Imaningrum. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jaringan Indihome Atas Gangguan Jaringan Di Tinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Comprehensive Law Journal, 1(2), 71–82. Retrieved from https://ejournal.widyakarya.ac.id/index.php/Comprehensive/article/view/76